Sabtu, 19 Maret 2011

JEPANG Oh.,. JEPANG

 
Kejadian Tsunami yang melanda Jepang Jumat siang waktu setempat ( 11 Maret 2011 ), mengingatkan kita akan musibah serupa yang pernah terjadi di tanah air beberapa tahun yang lalu. Gelombang pasang tsunami yang menyapu kawasan pantai utara Jepang memiliki ketinggian berkisar antara 4 sampai dengan 10 meter, telah memporak – porandakan semua kawasan yang dilaluinya.
Sampai dengan tulisan ini saya posting , diberitakan tsunami Jepang telah menelan korban sampai menembus angka 1500 orang dan itu sedang terus berkembang. Walaupun dikabarkan pemerintah Jepang telah berpengalaman menghadapi bencana gempa dan siaga terhadap bahaya tsunami yang sering kali bisa menyertainya, tak ayal kerugian terhadap wilayah yang diterjang tsunami tidak terkira jumlahnya.
Kejadian tsunami Jepang terjadi pada hari Jumat tanggal 11 Maret 2011. Gempa yang melanda pukul 02:46 itu diikuti oleh serangkaian gempa susulan, termasuk satu gempa 7.4 SR sekitar 30 menit kemudian. US Geological Survey memperbarui kekuatan gempa pertama yang berkekuatan 8,8 SR menjadi 8,9 SR.
Gelombang tsunami menyusul datang kemudian sekitar kurang lebih 30 menit, hal itu adalah wajar mengingat lokasi tepat dari kejadian gempa yang mengakibatkan tsunami berada di Lokasi: 38,49LU-142,79BT, Kedalaman: 44km, Posisi: 144km tenggara Ofunato, 145km tenggara Kesennuma, 148km tenggara Kamaishi, 158 km tenggara Otsuchi, 165km timur laut Ishinomaki ( kurang lebih 450 km timur laut Tokyo, ibu kota Jepang ).
Berikut adalah visualisasi gempa-tsunami Jepang:

 pusaran air laut yg terjadi saat gempa-tsunami Jepang


 
Sebuah komunitas pesisir di Natori semua tersapu Tsunami. Lahan-lahan tersebut telah menjadi hitam dan api membakar kawasan perumahan

Kota Kesennuma di Prefektur Miyagi. Hebatnya hanya satu jembatan yang jatuh setelah dihantam gelombang tsunami.

 Pusat Aerospace Jerman menangkap foto-foto perubahan dramatis di Soma. Yang satu di sebelah kiri diambil pada tanggal 5 September 2010, dan satu di sebelah kanan diambil kemarin setelah bencana tsunami

 Torinoumi: Bidang hijau berubah menjadi coklat setelah air tsunami kembali ke laut

 
Higashi Matsushima di timur laut Jepang menggambarkan seberapa jauh perjalanan air laut ke darat dan tingkat kerusakan di bandara

 Organisasi Antariksa Nasional Taiwan menunjukkan kerusakan yang diderita oleh masyarakat di daerah Sendai

 
Media massa manca negara ramai memberitakan fenomena alam yg terjadi di Jepang

Puluhan kota dan desa sepanjang 2.100 kilometer garis pantai timur dari utara hingga selatan Honshu termasuk Tokyo yang berjarak ratusan kilometer dari pusat gempat ikut terguncang gempa. Gempa juga menyebabkan kebakaran di 11 tempat di Tokyo yang menyebabkan depot dan kilang minyak serta pabrik di sekitar Tokyo terbakar hebat. Tampak asap hitam pekat membubung tinggi di kawasan industri Isogo, Yokohama. Berikut adalah dampak yg ditimbulkan pasca gempa-tsunami Jepang:
 Seseorang melewati kapal yang terlempar ke daratan pasca tsunami.

 Tentara Jepang menggunakan perahu di sejumlah daerah yang banjir akibat tsunami, seperti di kota Ishinomaki. 

 Tim militer Jepang melewati kapal yang terlempar ke daratan pasca tsunami ketika mencari korban.

 Sejumlah kapal terbakar di Teluk Kesennuma akibar hantaman gempa dan tsunami. 

 Kapal pemadam kebakaran berupaya mematikan api di pusat penyulingan minyak di Ichihara, sehari setelah gempa dan tsunami melanda Jepang

 Polisi Jepang memastikan 1.500 warga tewas dalam bencana alam. Namun, jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah. Wanita Jepang ini tengah menelusuri papan pesan orang hilang. 

 pemandangan tragis pasca gempa-tsunami Jepang

 Sekitar 100.000 tentara dan relawan Jepang mencari dan mengevakuasi korban gempa dan tsunami. Tenaga bantuan dari luar negeri yang didukung anjing pelacak dan peralatan SAR juga mulai mengalir ke kawasan bencana. 

 Tentara Jepang dikerahkan untuk membantu para korban yang selamat.

Kereta api yang ke luar dari rel berubah menjadi seperti pagar halaman di Higashimatsushima, Kabupaten Miyagi.

Begitu dahsyatnya musibah fenomena alam yang terjadi di Jepang tahun ini. Dari pada memikirkan Miyabi yang selamat/ tidak, lebih baik kita berdo'a. Semoga ini adalah bencana besar terakhir yang menguncang bumi kita ini dan semoga seluruh rakyat Jepang bisa kembali bangkit membangun wilayah bencana seperti semula serta bagi para keluarga korban bencana tsunami diberikan kekuatan untuk melalui bencana ini dengan tabah.

Dan khusus untuk adekku tercinta "Fuad Ardani Rahman" yang sedang PKL(praktek Kerja Lapangan) di Jepang, semoga senantiasa dalan lindungan dan rahmat Allah swt. AMIN.,.

2 komentar:

  1. adek mu gmana fis..????

    aman kah..???

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus